Mungseng: The One and Only

Mungseng: The One and Only

Pernahkah anda iseng-iseng searching nama daerah anda di google? Apakah hasil pencarian hanya tertuju pada daerah tempat tinggal anda?

Saya pernah searching di google nama desa tempat tinggal saya: “Mungseng”. Hasilnya menakjubkan, ternyata semua artikel yang tertampil merujuk hanya ke satu objek yaitu desa tempat tinggal saya.

Coba lagi di google maps, luar biasa. Langsung tertampil foto desa Mungseng, Temanggung.

Kesimpulan yang menarik, bahwa satu-satunya tempat bernama “Mungseng” di dunia ini ya cuma Desa Mungseng di Kabupaten Temanggung. Sedikit takjub plus heran.

Well then, mungkin nama “Mungseng” memang nama yang unik dan kurang familiar. Tidak seperti nama daerah lain yang biasanya mengandung unsur rejo (rejowinangun, purworejo, balerejo), -sari (candisari, argosari, kebonsari), ci-(cilandak, cisarua,cibitung,cimahi), dll.

Nama Mungseng ada yang bilang berasal dari kata MUNGgah SENGkan (naik tanjakan), karena mungkin daerahnya agak menanjak, hehe.  Tapi, arti sebenarnya juga masih dipertanyakan karena tidak ada riwayat asal-usul desa Mungseng.

Berikut ini data mengenai Desa Mungseng yang diperoleh dari web resmi Kabupaten Temanggung:

“Salah satu dari 25 desa/kelurahan di Kecamatan Temanggung adalah Kelurahan Mungseng  yang terletak di ketinggian 610 m dari permukaan laut dan berjarak 2 km dari ibu kota kecamatan Temanggung dan 1,5 km dari ibu kota Kabupaten. Dengan luas lahan sawah 69 ha dan lahan bukan sawah 44 ha. Dari  Lahan bukan sawah dipergunakan untuk Bangunan/pekarangan, kolam/empang dan lahan lainnya.
Kelurahan Mungseng terdapat  4 dusun yang terdiri dari  4 Rukun warga (RW) dan 19 Rukun tetangga (RT) dan terdapat 808 kepala keluarga. Jumlah penduduk 3.169 jiwa terdiri dari 1.543 jiwa Laki-laki dan 1.626 jiwa Perempuan.
Penduduk usia 10 tahun keatas bermata pencaharian Petani Tanaman Pangan, Peternak, Bangunan, Perdagangan, Hotel&Rumah Makan, Pengangkutan & Komunikasi, Bank&Lembaga Keuangan lainnya, Jasa-jasa dan lainnya. Tanaman pangan yang dikembangkan di Kelurahan Mungseng antara lain padi, jagung, Kacang Tanah. Tanaman sayuran yang dikembangkan adalah cabe, pepaya, pisang, jeruk, semangka. Tanaman perkebunan yang berkembang yaitu tembakau.Ternak yang dikembangkan di kelurahan tersebut berupa sapi, kerbau, kambing/domba, ayam buras, itik. Terdapat 25 unit usaha industri kecil dan 10 unit usaha industri Rumah tangga.”

Inti dari tulisan ini mungkin agak narsis, “Bangga menjadi satu-satunya di dunia”, huehehehe. Dengan begitu, setiap kali orang mencari lewat internet pasti tepat sasaran :D

About these ads

17 thoughts on “Mungseng: The One and Only

  1. I truly love your website.. Very nice colors & theme. Did you build this amazing site yourself?
    Please reply back as I’m hoping to create my own website and want to learn where you got this from or just what the theme is named. Cheers!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s